RKH
A.
Pendahuluan
Perencanaan kegiatan belajar
merupakan komponen penting sebagai langkah awal dalam pelaksanaan kegiatan
belajar. Dengan membuat perencanaan kegiatan belajar, guru sudah dapat
mengambil keputusan tentang apa yang harus dicapai anak setelah dia belajar, materi
apa yang harus diberikan agar anak berhasil belajar, media dan sumber belajar
apa yang dibutuhkan untuk membantu keberhasilan belajar, dan bagaimana hasil
belajar dapat diukur.
Perencanaan kegiatan
pembelajaran sendiri memiliki pengertian sebagai rencana
yang dibuat oleh guru untuk memproyeksikan kegiatan apa yang akan dilakukan
oleh guru dan anak agar tujuan dapat tercapai. Perencanaan
program pembelajaran di TK/RA terdiri dari perencanaan program tahunan,
perencanaan program semester, perencanaan kegiatan mingguan, perencanaan
kegiatan harian.
Dalam banyaknya
agenda yang dimiliki oleh sekolah, maka perlunya pemetaan rencana dari lingkup
secara umum ke khusus. Maka perencanaan pembelajaran dimulai dari perencanaan
program tahunan ke perencanaan program kegiatan harian agar rencana dapat
tersusun dengan detail serta berjalan dengan yang diharapkan guru dan anak.
Dalam hal ini penulis akan menjelaskan tentang perencanaan kegiatan harian.
Dimana kegiatan ini merupakan rencana yang dilakukan dalam satu hari
pembelajaran.
B.
Pembahasan
Rencana kegiatan
harian (RKH) merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan, yang akan
dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran secara bertahap. RKH memuat
berbagai kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual,
kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri dari kegiatan pembukaan,
inti, makan dan istirahat, dan penutup.
Pendahuluan merupakan kegiatan
pemanasan dan dilaksanakan secara
klasikal . kegiatan yang dapat dilakukan antara lain berdoa/mengucap salam,
serta membicarakan tema atau subtema.
Inti merupakan kegiatan yang dapat
mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial, spiritual, dan emosi anak. kegiatan
ini dapat dicapai dengan memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan
bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kreativitas, dan kegiatan
yang dapat meningkatkan pemahaman, konsentrasi serta mengembangkan kebiasaan
bekerja dengan baik.
Makan dan istirahat merupakan kegiatan
yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan,
misalnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan yang
diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sesudah makan.
Selesai makan anak bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud
mengembangkan motorik kasar dan bersosialisasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan
kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih
dahulu kemudian makan.
Penutup merupakan kegiatan penerangan
yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir, yang
dapat dilakukan dengan cara misalnya membacakan cerita, mendiskusikan kegiatan
satu hari atau menginformasikan kegiatan esok hari, menyanyi, dan berdoa.
Rencana kegiatan harian dapat dikembangkan dalam
berbagai bentuk, antara lain untuk kegiatan pembelajaran kelompok dan
pembelajaran berdasarkan minat.
1. RKH
untuk pembelajaran kelompok
a.
RKH
untuk pembelajaran kelompok mencakup
1)
Hari,
tanggal, waktu
2)
Indikator
3)
Kegiatan
pembelajaran
4)
Sumber
belajar
5)
Penilaian
perkembangan anak didik
b.
RKH
untuk pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman dapat dikembangkan sebagai
berikut.
1)
Memilih
indicator yang sesuai dengan RKM untuk dimasukkan kedalam RKH. Penulisan
indicator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan.
2)
Memilih
kegiatan yang sesuai dalam RKM untuk mencapai indicator yang dipilih dalam RKH.
3)
Mengembangkan
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti, kegiatan
pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai yang direncanakan.
4)
Memilih
metode yang sesuai dengan kegiatan.
5)
Memilih
sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.
6)
Memilih
dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator.
7)
Merencanakan
penataan lingkungan belajar dan bermain.
2. RKH
untuk pembelajaran berdasarkan minat
a.
komponen
RKH untuk pembelajaran berdasarkan minat mencakaup :
1)
hari,
tanggal, waktu
2)
indicator
3)
kegiatan
pembelajaran
4)
sumber
belajar
5)
penilaian
perkembangan anak
b.
RKH
berdasarkan minat dapat dikembangkan sebagai berikut.
1)
Memilih
dan menata kegiatan ke dalam RKH.
2)
Mengelompokkan
kegiatan yang dipilih ke dalam pembukaan, kegiatan inti, makan dan istirahat,
serta penutup.
3)
Pada
kegiatan inti, kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan minat anak secara
individual.
4)
Memilih
metode yang sesuai dengan kegiatan yang di pilih
5)
Memilih
sumber belajar yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
6)
Memilih
dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator.[1]
CONTOH RENCANA KEGIATAN HARIAN
1. RKH
model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman
Kelompok
: A
Semester/minggu : II/1
Tema/sub tema : binatang/binatang di dalam kolam (ikan mas dan katak)
Hari, tanggal : Senin,
12 Januari
2010
Waktu
: 07.30-10.15
Indikator
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alat/sumber
belajar
|
Penilaian
perkembangan peserta
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||
·
Mengikuti aturan (NAM)
·
Berdo’a sebelum melakukan kegiatan
(NAM)
·
Mendengarkan cerita sederhana
·
Berjalan di atas papan titian..
·
Menceritakan kembali isi cerita yang
pernah didengar (B)
·
Membilang dengan menunjuk benda sampai
10 (K)
·
Menunjukkan dua kumpulan benda yang
sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·
Menunjukkan sebanyak-banyaknya ….
Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·
Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·
Bermain dengan berbagai alat perkusi
sederhana (F)
|
Upacara
bendera ± 15 menit
I.
KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·
Bernyanyi, salam dan berdoa
·
Menceritakan “ikan mas dan katak
ciptaan Tuhan”
·
Pemberian tugas: berjalan di atas
papan titian “di atas kolam”
II.
KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
·
pemberian tugas: mendengar dan
menceritakan kembali “ikan mas dan katak”
·
pemberian tugas : membilang “ikan dan
berudu di kolam/di toples”
·
pemberian tugas: menunjukkan lebih banyak
dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”
·
pemberian tugas: mengamati “ikan Mas
di kolam dan toples kecil” (K)
·
pemberian tugas: bermain dengan alat
perkusi “botol dan aquarium” (F)
|
Tiang
bendera dan bendera
Peserta
langsung buku cerita
Papan
titian di atas kolam atau bak air
Buku
cerita, kertas A4 dan krayon
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Botol
dan aquarium berisi air
|
Observasi
Observasi
Pecakapan
Unjuk
kerja
Percakapan
Penugasan
Penugasan
Hasil
karya
Unjuk
kerja
|
|
·
menyusun 15 lagu anak-anak (F)
|
III.
ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·
Mencuci tangan, berdoa sebelum dan
sesudah makan
·
Bermain
IV.
KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·
Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Doa pulang dan salam
|
Air,
serbet, bekal anak.
Alat
bermain di luar kelas
Gambar
|
Observasi
Unjuk kerja
|
|
2. RKH
berdasarkan sudut-sudut kegiatan
Indikator
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alat/sumber
belajar
|
Penilaian
perkembangan peserta
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||
·
Mengikuti aturan (NAM)
·
Berdo’a sebelum melakukan kegiatan
(NAM)
·
Mendengarkan cerita sederhana (B)
·
Berjalan di atas papan titian.. (F)
·
Menceritakan kembali isi cerita yang
pernah didengar (B)
·
Membilang dengan menunjuk benda sampai
10 (K)
·
Menunjukkan dua kumpulan benda yang
sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·
Menunjukkan sebanyak-banyaknya ….
Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·
Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·
Bermain dengan berbagai alat perkusi
sederhana (F)
|
Upacara
bendera ± 15 menit
I.
KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·
Bernyanyi, salam dan berdoa
·
Menceritakan “ikan mas dan katak
ciptaan Tuhan”
·
Pemberian tugas: berjalan di atas
papan titian “di atas kolam”
II.
KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
Sudut kebudayaan :
·
mendengar dan menceritakan kembali
“ikan mas dan katak”
·
membilang “ikan dan berudu di kolam/di
toples”
·
menunjukkan lebih banyak dan lebih
sedikit “ikan di dalam kolam”
sudut
alam sekitar dan pengetahuannya:
·
mengamati “ikan Mas di kolam dan
toples kecil” (K)
sudut
kebudayaan:
·
bermain dengan alat perkusi “botol dan
aquarium” (F)
|
Tiang
bendera dan bendera
Peserta
langsung buku cerita
Papan
titian di atas kolam atau bak air
Buku
cerita, kertas A4 dan krayon
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Botol
dan aquarium berisi air
|
Observasi
Observasi
Pecakapan
Unjuk
kerja
Percakapan
Penugasan
Penugasan
Hasil
karya
Unjuk
kerja
|
|
·
menyusun 15 lagu anak-anak (F)
|
III.
ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·
Mencuci tangan, berdoa sebelum dan
sesudah makan
·
Bermain
IV.
KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·
Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Doa pulang dan salam
|
Air,
serbet, bekal anak.
Alat
bermain di luar kelas
Gambar
|
Observasi
Unjuk kerja
|
|
3. RKH
model pembelajaran Area
Indikator
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alat/sumber
belajar
|
Penilaian
perkembangan peserta
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||
·
Mengikuti aturan (NAM)
·
Berdo’a sebelum melakukan kegiatan
(NAM)
·
Mendengarkan cerita sederhana (B)
·
Berjalan di atas papan titian.. (F)
·
Menceritakan kembali isi cerita yang
pernah didengar (B)
·
Membilang dengan menunjuk benda sampai
10 (K)
·
Menunjukkan dua kumpulan benda yang
sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·
Menunjukkan sebanyak-banyaknya ….
Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·
Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·
Bermain dengan berbagai alat perkusi
sederhana (F)
|
Upacara
bendera ± 15 menit
I.
KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·
Bernyanyi, salam dan berdoa
·
Menceritakan “ikan mas dan katak
ciptaan Tuhan”
·
Pemberian tugas: berjalan di atas
papan titian “di atas kolam”
II.
KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
Area bahasa :
·
mendengar dan menceritakan kembali
“ikan mas dan katak”
area matematika:
·
membilang “ikan dan berudu di kolam/di
toples”
·
menunjukkan lebih banyak dan lebih
sedikit “ikan di dalam kolam”
area IPA:
·
mengamati “ikan Mas di kolam dan
toples kecil” (K)
area musik:
·
menyanyi
“ikan di dalam kolam”
·
bermain dengan alat perkusi “botol dan
aquarium” (F)
|
Tiang
bendera dan bendera
Peserta
langsung buku cerita
Papan
titian di atas kolam atau bak air
Buku
cerita, kertas A4 dan krayon
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Kolam
atau toples berisi ikan dan berudu.
Kaset
atau organ (bila ada)
Botol
dan aquarium berisi air
|
Observasi
Observasi
Pecakapan
Unjuk
kerja
Percakapan
Penugasan
Penugasan
Hasil
karya
Unjuk
kerja
|
|
·
menyusun 15 lagu anak-anak (F)
|
III.
ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·
Mencuci tangan, berdoa sebelum dan
sesudah makan
·
Bermain
IV.
KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·
Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Doa pulang dan salam
|
Air,
serbet, bekal anak.
Alat
bermain di luar kelas
Gambar
|
Observasi
Unjuk kerja
|
|
4. RKH
model pembelajaran Sentra
Indikator
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alat/sumber
belajar
|
Penilaian
perkembangan peserta
|
|
Alat
|
Hasil
|
|||
·
Mengikuti aturan (NAM)
·
Berdo’a sebelum melakukan kegiatan
(NAM)
·
Mendengarkan cerita sederhana (B)
·
Berjalan di atas papan titian.. (F)
·
Menceritakan kembali isi cerita yang pernah
didengar (B)
·
Membilang dengan menunjuk benda sampai
10 (K)
·
Menunjukkan dua kumpulan benda yang
sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·
Menunjukkan sebanyak-banyaknya ….
Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·
Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·
Bermain dengan berbagai alat perkusi
sederhana (F)
|
Upacara
bendera ± 15 menit
I.
KEGIATAN SEBELUM MASUK KELAS ± 10
MENIT (KLASIKAL)
·
Bernyanyi, salam dan berdoa
II.
KEGIATAN PEMBUKAAN ± 20 MENIT
·
Menceritakan “ikan mas dan katak
ciptaan Tuhan”
·
berjalan di atas papan titian “di atas
kolam”
III.
TRANSISI ± 5 MENIT
IV.
KEGIATAN INTI ± 90 MENIT (IND/KEL)
·
mendengar dan menceritakan kembali
“ikan mas dan katak”
·
menarik garis lengkung “sisik ikan”
·
menebalkan huruf “b”
·
syair “ikan mas”
·
menelompokkan kartu kata “kata huruf
awal “b”
·
membilang “ikan dan berudu di kolam/di
toples”
·
menunjukkan lebih banyak dan lebih
sedikit “ikan di dalam kolam”
·
meniru urutan pola “ikan mas,
berudu,katak,batu,……..”
|
Tiang
bendera dan bendera
Peserta
langsung buku cerita
Papan
titian di atas kolam atau bak air
Buku
cerita, kertas A4 dan krayon
8
set krayon, kertas A4
8
pensil, kertas A4
6
set kumpulan kata
8
toples berisi mainan ikan dan berudu
8
toples berisi mainan ikan
4
set mainan ikan, berudu dan katak
|
Observasi
Observasi
Pecakapan
Unjuk
kerja
Percakapan
Penugasan
Penugasan
Hasil
karya
Unjuk
kerja
|
|
·
menyusun 15 lagu anak-anak (F)
|
V.
ISTIRAHAT/MAKAN ± 15 MENIT
·
Mencuci tangan, berdoa sebelum dan
sesudah makan
VI.
KEGIATAN AKHIR ± 10 MENIT (KELOMPOK)
·
Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·
Diskusi tentang kegiatan satu hari
·
Doa pulang dan salam
|
Air,
serbet, bekal anak.
Gambar
ikan/ ikan asli
|
|
|
Pembuatan
RKM dan RKH bertujuan untuk
memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, penyusunan disesuiakan dengan
model pembelajaran yang di pakai di TK. Rencana kegiatan mingguan disusun
dengan mempertimbangkan jangka waktu yang diperlukan untuk setiap kegiatan.
Setelah rencana kegiatan mingguan selesai, guru dapat membuat rencana kegiatan
harian. Rencana kegiatan harian terdiri dari tujuan, kegiatan, proses
pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi.[2]
C.
Penutup
1.
Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Rencana kegiatan harian
(RKH) merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan, yang akan
dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran secara bertahap. RKH terdiri
dari kegiatan pembukaan, inti, makan dan istirahat, dan penutup. Pembuatan
RKM dan RKH bertujuan untuk
memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, penyusunan disesuiakan dengan
model pembelajaran yang di pakai di TK.
2.
Saran
Rencana kegiatan harian merupakan kegiatan yang
dilakukan dalam satu hari dan menyangkut pencapaian perkembangan anak samapai
sejauh mana. Oleh karena itu, apabila
dalam satu hari itu terdapat sesuatu hal yang mendadak dan mengganggu aktivitas
kegiatan belajar mengajar, maka guru harus lebih bijak dalam memberikan ganti
dalam RKH di hari itu.
D.
Daftar
Pustaka
E. Mulyasa. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya, 2012
Pelaksanaan Perencanaan Pembelajaran TK Karanganyar
Komentar
Posting Komentar