RKH



A.    Pendahuluan
Perencanaan kegiatan belajar merupakan komponen penting sebagai langkah awal dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Dengan membuat perencanaan kegiatan belajar, guru sudah dapat mengambil keputusan tentang apa yang harus dicapai anak setelah dia belajar, materi apa yang harus diberikan agar anak berhasil belajar, media dan sumber belajar apa yang dibutuhkan untuk membantu keberhasilan belajar, dan bagaimana hasil belajar dapat diukur.
Perencanaan kegiatan pembelajaran sendiri memiliki pengertian sebagai rencana yang dibuat oleh guru untuk memproyeksikan kegiatan apa yang akan dilakukan oleh guru dan anak agar tujuan dapat tercapai. Perencanaan program pembelajaran di TK/RA terdiri dari perencanaan program tahunan, perencanaan program semester, perencanaan kegiatan mingguan, perencanaan kegiatan harian.
Dalam banyaknya agenda yang dimiliki oleh sekolah, maka perlunya pemetaan rencana dari lingkup secara umum ke khusus. Maka perencanaan pembelajaran dimulai dari perencanaan program tahunan ke perencanaan program kegiatan harian agar rencana dapat tersusun dengan detail serta berjalan dengan yang diharapkan guru dan anak. Dalam hal ini penulis akan menjelaskan tentang perencanaan kegiatan harian. Dimana kegiatan ini merupakan rencana yang dilakukan dalam satu hari pembelajaran.

B.     Pembahasan
Rencana kegiatan harian (RKH) merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan, yang akan dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran secara bertahap. RKH memuat berbagai kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri dari kegiatan pembukaan, inti, makan dan istirahat, dan penutup.
            Pendahuluan merupakan kegiatan pemanasan dan dilaksanakan  secara klasikal . kegiatan yang dapat dilakukan antara lain berdoa/mengucap salam, serta membicarakan tema atau subtema.
            Inti merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial, spiritual, dan emosi anak. kegiatan ini dapat dicapai dengan memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kreativitas, dan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman, konsentrasi serta mengembangkan kebiasaan bekerja dengan baik.
            Makan dan istirahat merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, misalnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan cuci tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sesudah makan. Selesai makan anak bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud mengembangkan motorik kasar dan bersosialisasi. Kegiatan ini disesuaikan dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu kemudian makan.
            Penutup merupakan kegiatan penerangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir, yang dapat dilakukan dengan cara misalnya membacakan cerita, mendiskusikan kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok hari, menyanyi, dan berdoa.
Rencana kegiatan harian dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk, antara lain untuk kegiatan pembelajaran kelompok dan pembelajaran berdasarkan minat.
1.      RKH untuk pembelajaran kelompok
a.       RKH untuk pembelajaran kelompok mencakup
1)      Hari, tanggal, waktu
2)      Indikator
3)      Kegiatan pembelajaran
4)      Sumber belajar
5)      Penilaian perkembangan anak didik
b.      RKH untuk pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman dapat dikembangkan sebagai berikut.
1)      Memilih indicator yang sesuai dengan RKM untuk dimasukkan kedalam RKH. Penulisan indicator dalam RKH diberi keterangan bidang pengembangan.
2)      Memilih kegiatan yang sesuai dalam RKM untuk mencapai indicator yang dipilih dalam RKH.
3)      Mengembangkan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran dibagi ke dalam kelompok sesuai yang direncanakan.
4)      Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan.
5)      Memilih sumber belajar yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.
6)      Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator.
7)      Merencanakan penataan lingkungan belajar dan bermain.
2.      RKH untuk pembelajaran berdasarkan minat
a.       komponen RKH untuk pembelajaran berdasarkan minat mencakaup :
1)      hari, tanggal, waktu
2)      indicator
3)      kegiatan pembelajaran
4)      sumber belajar
5)      penilaian perkembangan anak
b.      RKH berdasarkan minat dapat dikembangkan sebagai berikut.
1)      Memilih dan menata kegiatan ke dalam RKH.
2)      Mengelompokkan kegiatan yang dipilih ke dalam pembukaan, kegiatan inti, makan dan istirahat, serta penutup.
3)      Pada kegiatan inti, kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan minat anak secara individual.
4)      Memilih metode yang sesuai dengan kegiatan yang di pilih
5)      Memilih sumber belajar yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran.
6)      Memilih dan menyusun alat penilaian yang dapat mengukur ketercapaian indicator.[1]
CONTOH RENCANA KEGIATAN HARIAN
1.      RKH model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman
Kelompok                   : A
Semester/minggu         : II/1
Tema/sub tema            : binatang/binatang di dalam kolam (ikan mas dan katak)
Hari, tanggal               : Senin, 12 Januari 2010
Waktu                         : 07.30-10.15
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Alat/sumber belajar
Penilaian perkembangan peserta
Alat
Hasil
·         Mengikuti aturan (NAM)



·         Berdo’a sebelum melakukan kegiatan (NAM)
·         Mendengarkan cerita sederhana
·         Berjalan di atas papan titian..







·         Menceritakan kembali isi cerita yang pernah didengar (B)
·         Membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (K)
·         Menunjukkan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·         Menunjukkan sebanyak-banyaknya …. Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·         Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·         Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (F)

Upacara bendera ± 15 menit



       I.            KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, salam dan berdoa
·         Menceritakan “ikan mas dan katak ciptaan Tuhan”
·         Pemberian tugas: berjalan di atas papan titian “di atas kolam”

    II.            KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
·         pemberian tugas: mendengar dan menceritakan kembali “ikan mas dan katak”
·         pemberian tugas : membilang “ikan dan berudu di kolam/di toples”
·         pemberian tugas: menunjukkan lebih banyak dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”
·         pemberian tugas: mengamati “ikan Mas di kolam dan toples kecil” (K)
·         pemberian tugas: bermain dengan alat perkusi “botol dan aquarium” (F)


Tiang bendera dan bendera




Peserta langsung buku cerita

Papan titian di atas kolam atau bak air







Buku cerita, kertas A4 dan krayon


Kolam atau toples berisi ikan dan berudu


Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.

Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.


Botol dan aquarium berisi air


Observasi





Observasi


Pecakapan


Unjuk kerja






Percakapan





Penugasan



Penugasan
Hasil karya








Unjuk kerja

·         menyusun 15 lagu anak-anak (F)
 III.            ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·         Mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan
·         Bermain


 IV.            KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·         Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Doa pulang dan salam

Air, serbet, bekal anak.
Alat bermain di luar kelas








Gambar


Observasi










Unjuk kerja 


2.      RKH berdasarkan sudut-sudut kegiatan
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Alat/sumber belajar
Penilaian perkembangan peserta
Alat
Hasil
·         Mengikuti aturan (NAM)





·         Berdo’a sebelum melakukan kegiatan (NAM)
·         Mendengarkan cerita sederhana (B)
·         Berjalan di atas papan titian.. (F)





·         Menceritakan kembali isi cerita yang pernah didengar (B)
·         Membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (K)
·         Menunjukkan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·         Menunjukkan sebanyak-banyaknya …. Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·         Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·         Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (F)

Upacara bendera ± 15 menit



       I.            KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, salam dan berdoa
·         Menceritakan “ikan mas dan katak ciptaan Tuhan”
·         Pemberian tugas: berjalan di atas papan titian “di atas kolam”

    II.            KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
Sudut kebudayaan :
·         mendengar dan menceritakan kembali “ikan mas dan katak”
·         membilang “ikan dan berudu di kolam/di toples”
·         menunjukkan lebih banyak dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”
sudut alam sekitar dan pengetahuannya:
·         mengamati “ikan Mas di kolam dan toples kecil” (K)
sudut kebudayaan:
·         bermain dengan alat perkusi “botol dan aquarium” (F)


Tiang bendera dan bendera




Peserta langsung buku cerita

Papan titian di atas kolam atau bak air








Buku cerita, kertas A4 dan krayon

Kolam atau toples berisi ikan dan berudu

Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.


Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.


Botol dan aquarium berisi air


Observasi





Observasi

Pecakapan


Unjuk kerja






Percakapan



Penugasan


Penugasan

Hasil karya










Unjuk kerja

·         menyusun 15 lagu anak-anak (F)
 III.            ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·         Mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan
·         Bermain


 IV.            KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·         Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Doa pulang dan salam

Air, serbet, bekal anak.
Alat bermain di luar kelas




Gambar


Observasi







Unjuk kerja 


3.      RKH model pembelajaran Area
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Alat/sumber belajar
Penilaian perkembangan peserta
Alat
Hasil
·         Mengikuti aturan (NAM)





·         Berdo’a sebelum melakukan kegiatan (NAM)
·         Mendengarkan cerita sederhana (B)
·         Berjalan di atas papan titian.. (F)





·         Menceritakan kembali isi cerita yang pernah didengar (B)
·         Membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (K)
·         Menunjukkan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·         Menunjukkan sebanyak-banyaknya …. Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·         Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·         Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (F)

Upacara bendera ± 15 menit



       I.            KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, salam dan berdoa
·         Menceritakan “ikan mas dan katak ciptaan Tuhan”
·         Pemberian tugas: berjalan di atas papan titian “di atas kolam”

    II.            KEGIATAN INTI ± 60 MENIT (IND/KEL)
Area bahasa :
·         mendengar dan menceritakan kembali “ikan mas dan katak”
area matematika:
·         membilang “ikan dan berudu di kolam/di toples”
·         menunjukkan lebih banyak dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”
area IPA:
·         mengamati “ikan Mas di kolam dan toples kecil” (K)
area musik:
·         menyanyi “ikan di dalam kolam”
·         bermain dengan alat perkusi “botol dan aquarium” (F)


Tiang bendera dan bendera





Peserta langsung buku cerita

Papan titian di atas kolam atau bak air







Buku cerita, kertas A4 dan krayon

Kolam atau toples berisi ikan dan berudu

Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.


Kolam atau toples berisi ikan dan berudu.

Kaset atau organ (bila ada)

Botol dan aquarium berisi air

Observasi





Observasi

Pecakapan


Unjuk kerja






Percakapan



Penugasan


Penugasan

Hasil karya






Unjuk kerja

·         menyusun 15 lagu anak-anak (F)
 III.            ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT
·         Mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan
·         Bermain


 IV.            KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT (KELOMPOK)
·         Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Doa pulang dan salam

Air, serbet, bekal anak.
Alat bermain di luar kelas




Gambar


Observasi







Unjuk kerja 


4.      RKH model pembelajaran Sentra
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Alat/sumber belajar
Penilaian perkembangan peserta
Alat
Hasil
·         Mengikuti aturan (NAM)





·         Berdo’a sebelum melakukan kegiatan (NAM)
·         Mendengarkan cerita sederhana (B)
·         Berjalan di atas papan titian.. (F)











·         Menceritakan kembali isi cerita yang pernah didengar (B)
·         Membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (K)
·         Menunjukkan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)
·         Menunjukkan sebanyak-banyaknya …. Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)
·         Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)
·         Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (F)

Upacara bendera ± 15 menit



       I.            KEGIATAN SEBELUM MASUK KELAS  ± 10  MENIT (KLASIKAL)
·         Bernyanyi, salam dan berdoa
    II.            KEGIATAN PEMBUKAAN ± 20 MENIT
·         Menceritakan “ikan mas dan katak ciptaan Tuhan”
·         berjalan di atas papan titian “di atas kolam”

 III.            TRANSISI ± 5 MENIT

 IV.            KEGIATAN INTI ± 90 MENIT (IND/KEL)

·         mendengar dan menceritakan kembali “ikan mas dan katak”
·         menarik garis lengkung “sisik ikan”
·         menebalkan huruf “b”
·         syair “ikan mas”
·         menelompokkan kartu kata “kata huruf awal “b”
·         membilang “ikan dan berudu di kolam/di toples”
·         menunjukkan lebih banyak dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”
·         meniru urutan pola “ikan mas, berudu,katak,batu,……..”


Tiang bendera dan bendera










Peserta langsung buku cerita


Papan titian di atas kolam atau bak air







Buku cerita, kertas A4 dan krayon

8 set krayon, kertas A4

8 pensil, kertas A4

6 set kumpulan kata

8 toples berisi mainan ikan dan berudu
8 toples berisi mainan ikan


4 set mainan ikan, berudu dan katak


Observasi





Observasi





Pecakapan


Unjuk kerja











Percakapan



Penugasan


Penugasan

Hasil karya






Unjuk kerja

·         menyusun 15 lagu anak-anak (F)
    V.            ISTIRAHAT/MAKAN ± 15 MENIT
·         Mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan


 VI.            KEGIATAN AKHIR ± 10 MENIT (KELOMPOK)
·         Menyanyi lagu “ikan di dalam kolam”
·         Diskusi tentang kegiatan satu hari
·         Doa pulang dan salam

Air, serbet, bekal anak.





Gambar ikan/ ikan asli










Pembuatan RKM dan RKH bertujuan untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, penyusunan disesuiakan dengan model pembelajaran yang di pakai di TK. Rencana kegiatan mingguan disusun dengan mempertimbangkan jangka waktu yang diperlukan untuk setiap kegiatan. Setelah rencana kegiatan mingguan selesai, guru dapat membuat rencana kegiatan harian. Rencana kegiatan harian terdiri dari tujuan, kegiatan, proses pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi.[2]
C.     Penutup
1.      Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Rencana kegiatan harian (RKH) merupakan penjabaran dari rencana kegiatan mingguan, yang akan dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran secara bertahap. RKH terdiri dari kegiatan pembukaan, inti, makan dan istirahat, dan penutup. Pembuatan RKM dan RKH bertujuan untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran, penyusunan disesuiakan dengan model pembelajaran yang di pakai di TK.
2.      Saran
Rencana kegiatan harian merupakan kegiatan yang dilakukan dalam satu hari dan menyangkut pencapaian perkembangan anak samapai sejauh mana.  Oleh karena itu, apabila dalam satu hari itu terdapat sesuatu hal yang mendadak dan mengganggu aktivitas kegiatan belajar mengajar, maka guru harus lebih bijak dalam memberikan ganti dalam RKH di hari itu.
D.    Daftar Pustaka
E. Mulyasa.  Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Pelaksanaan Perencanaan Pembelajaran TK Karanganyar  




[1] E. Mulyasa,  Manajemen PAUD, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 135.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simbol-Simbol Nasionalisme Indonesia (NKRI, Lambang Negara, Lagu Wajib Nasional) dalam Undang-undang NO. 24 TAHUN 2009

PERANAN INDONESIA DALAM ORGANISASI ASEAN DAN PBB

Tarian Kabut Pagi